Kamis, 07 Maret 2019

Salahkah menjadi orang baik???

Apakah orang baik itu sama dengan orang bodoh? Kalau berbeda mengapa kebaikan seseorang malah dianggap tindakan yang bodoh oleh orang lain?



Ada sebuah kisah, seorang sopir sebuah perusahaan sedang terlilit masalah keuangan sebut saja namanya Bejo. Pak Bejo mencoba hutang ke bank tetapi tidak disetujui oleh bank karena memiliki riwayat yang buruk soal hutang piutang. Suatu hari dia cerita dengan salah seorang staff di pt tersebut sebut saja namamya Parmin. Pak Bejo menceritakan masalah keuangannya hingga ditolak bank ketika hendak mengajukan permohonan hutang kepada Pak Parmin dan akhirnya Pak Bejo meminta tolong Pak Parmin untuk hutang ke bank atas nama Parmin, karena Pak Parmin ini tidak punya riwayat hutang ke bank. Pak Parmin iba dan merasa kasihan dengan Pak Bejo dan dengan segala konsekuensi bahwa pembayaran hutangnya bank akan otomatis mengambil saldo rekening Pak Parmin, Pak Parmin menyetujuinya dan segera mengajukan hutang sebesar 40 juta rupiah dengan pembayaran selama 2 tahun.

Setelah 3 bulan berlalu, Pak Bejo selalu saja terlambat membayar hutang itu. Jatuh tempo pembayaran dari bank yang sedianya adalah tanggal 1 per bulannya, pak Bejo membayarkan hutangnya di kisaran tanggal 5 - 10 tiap bulannya. Pak Parmin pun masih toleransi dan menghibur dirinya bahwa yang penting Pak Bejo bayar walaupun terlambat. Tapi timbul keraguan dalam diri Pak Parmin, "Baru 3 bulan saja pembayaran sudah telat-telat, lalu bagaimana 2  tahun kedepan ya?" kata Pak Parmin dalam hati hingga membuat Pak Parmin tidur tidak nyenyak. 

Dari cerita di atas, bagaimana tanggapan sausara tentang pak Parmin? Apakah beliau baik atau bodoh? Dan bagaimana tanggapan saudara, apakah kebaikan itu adalah kebodohan? 

Please yang mampir comment ya guys. Terima kasih. Salam.

ARS

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates