Sabtu, 23 Juni 2018

Pendidikan itu penting nggak sih???

Pendidikan itu apa sih? Seberapa penting sih pendidikan bagi seseorang? Pertanyaan retorika ini mungkin ada di benak beberapa orang. Banyak orang sukses tidak punya latar belakang pendidikan yang tinggi. Sehingga seolah-olah keberuntungan lebih penting dari pendidikan.
Sebenarnya pendidikan itu penting, bahkan menurut penulis sangat penting. Pentingnya pendidikan itu bukan soal ijazah, sertifikat, dan nilai yang tercetak pada transkrip nilai. Nilai penting dari pendidikan adalah proses yang yang menyertai. Maksudnya seperti ini, saat sekolah semua anak berusaha mendapat nilai yang terbaik. Tetapi tidak semua anak bisa mencapai nilai yang terbaik. Nah, nilai dari pendidikan ada di sini. Ketika seorang anak mendapat nilai yang mengecewakan, bagaimana respon si anak tersebut. Apakah si anak merasa gagal dan menganggap dirinya tidak berbakat di pelajaran itu, sehingga selamanya nilai si anak akan mengecewakan, atau si anak berniat untuk mengambil jalan pintas dengan memcontek supaya bisa mendapat nilai yang lebih baik, atau si anak bisa menganggap kegagalan itu bisa di perbaiki dengan belajar lebih giat lagi, latihan lebih rajin lagi supaya mendapat nilai yang lebih baik.
Yang bisa penulis tekankan disini adalah, pendidikan menjadi penting ketika anak tahu bagaimana menjalani pendidikan. Bagaimana respon si anak ketika menghadapi kegagalan. Ketika si anak tidak putus asa dan terus memperbaiki diri dalam belajar dan menempuh pendidikan maka pendidikan menjadi penting. Tetapi ketika seorang anak tidak tahu apa sense dari pendidikan, lebih baik tidak perlu memempuh pendidikan lebih tinggi. Biarkan anak ini belajar pada kehidupan yang akan dijalani di luar bangku pendidikan. Itu lebih berguna baginya.

ARS

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates